Berita PA Sinjai

MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS di PENGADILAN AGAMA SINJAI

Upaya penindakan korupsi di era reformasi ini telah berjalan secara intensif, namun upaya pencegahan masih kurang memadai dan belum memberikan hasil yang optimal, sehingga masih memberikan ruang terjadinya korupsi. Upaya pencegahan terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui upaya pencegahan dan penindakan terhadap tindak pidana korupsi.

Dalam dunia peradilan, kasus korupsi, suap, pungli dan gratifikasi sering terjadi, untuk itu perlu adanya penerapan pola pencegahan agar tercipta suatu Lembaga yang bersih dan disertai Penetapan Zona Integritas menuju Wilayah BebasKorupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Untuk membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, harus dilakukan dengan berbagai upaya, seperti penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara (LHKPN), penandatanganan fakta integritas, dan semua pihak mulai Pimpinan/Ketua Pengadilan sampai kebawahnya harus punya komitmen yang kuat untuk membangun Zona Integritas ini. Kemudian perubahan mindset (pola piker dan budaya kerja), sehingga masing-masing memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat yang baik dan bukan minta dilayani.

Contoh diatas seperti penyampaian LHKPN sudah berjalan lama di Pengadilan Agama Sinjai, itu berarti seluruh pegawai sudah menyadari bahwa perlunya membangun Zona Integritas, tutur Ketua Pengadilan Agama Sinjai YM Sitti Rusiah, S.Ag, M.H. namun tidak hanya sampai disitu imbuhnya, seluruh pegawai harus bersatu padu untuk mengembalikan citra yang baik atas Peradilan yang akhir-akhir ini anggapan negative sering kali muncul di tengah-tengah masyarakat, mungkin beberapa contoh penyimpangan yang kerap terjadi di Lembaga Peradilan diantaranya: keterlambatan pelaksanaan jadwal sidang, adanya praktek percaloan, tidak terpenuhinya standar pelayanan di Pengadilan dan masih banyak lainnya. Semua itu menjadi tanggung jawab bersama dari hulu hingga hilir untuk menutup segala akses kecurangan sehingga Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dapat diterapkan di seluruh pengadilan khsuusnya Pengadilan Agama Sinjai yang sekarang sedang saya pimpin, tutupnya.

Kontak

PENGADILAN AGAMA SINJAI

Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Sinjai, Sulawesi Selatan, 92651, Indonesia.

  : 0482 - 2410141

  : 0482-21079

  : pasinjai@yahoo.co.id

Waktu Pelayanan

Senin - Jum’at (5 hari kerja)

Jam Kerja :
Senin – Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
Jum’at : 08.00 - 17.00 WITA

Jam Istirahat :
Senin – Kamis : 12.00 - 13.00 WITA
Jum’at : 11.00 - 13.30 WITA

Copyright © 2016. Pengadilan Agama Sinjai. All Rights Reserved. Website by JA